You are here: Home

Mahasiswa Pasif NO.!!! Aktif YES.!!!

Rate this item
(0 votes)
04
Oct
2016

OLEH: M. SOLEHUDDIN

 

STAIN PAMEKASAN, sebuah nama yang menyimpan beberapa makna harapan, sebuah nama bukanlah hanya berperan sebagai media pengenal saja tetapi dibalik sebuah nama tersimpan harapan-harapan besar dan sebagai mahasiswa dikampus STAIN ini kita harus mempunyai kesadaran serta kepedulian yang tinggi terhadap tujuan dasar berdirinya kampus, yang bertujuan untuk menciptakan kader-kader yang berilmu. Pertanyaan yang harus menjadi patokan pada diri kita saat ini adalah??????

 

“apakah kita siap/menyiapkan diri untuk menjadi ahli ilmu” Sungguh ironis sekali jika kita belum sempat memikirkan hal tersebut, meski kita awal menginjak kampus stain ini tanpa mengetahui makna dari STAIN tercinta ini, minimal niat kita adalah tholibul ilmi (mencari ilmu), sehingga lambat laun kita bisa menjadi kader yang benar.

 

“sesungguhnya sesuatu pekerjaan itu adalah tergantung pada niatnya.” (Hr bukhori muslim). Maka dengan kita akan memperoleh sesuatu yang kita kehendak dalam niat tadi.

 

ALLAH telah memberi kita nikamat pada kita 24 jam dalam sehari semalam. Kesempatan ini tidak boleh kita sia-siakan dengan begitu saja, kalau perkosalah waktu dengan belajar agar dapati dengan telanjang. Tiada ilmu tanpaq belajar inilah prinsip yang kita harus pegang erat dalam membangun diri yang benar berjiwa mahasiswa.

 

Langkah-langkah yang bisa menjadi motivasi utama bagi kita dalam semangat mencari ilmu (tholibul ilmi), adalah kampus kita STAIN, sehingga lambat laun dengan taraf pengenalan (yang meliputi fasilita dan norma-norma kampus) akan timbul rasa cinta untuk menjaga kreatifitas kampus dengan giat mencari ilmu melalui pemanfaatan fasilitas yang ada.

 

Media tholibul ilmi dalam kampus kita adalah tidak hanya terbatas di majlis ta’lim. Ada satu hal yang telah dilupakan atau yang tidak selalu diingat oleh kita yaitu: 

 

PERPUSTAKAAN yang telah disediakan oleh kampus. Jadikan diri kita manusia yang sesungguhnya yang menempuh jalan ilmu dan pengalmannya untuk mencapai  ridho’ ilahi.

 

Al-quran yang pertama kali diturunkan adalah Al’alak yakni iqra’. Hikmah dari turunnya al-quran surat Al’alak ini adalah bahwa induk dari semua pengetahuan adalah membaca. 

 

ROSULULLAH SAW sebagai satu-satunya tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia islam adalah sosok seorang yang sangat suka sekali akan membaca apalagi kita sebagai pengikut beliau yang harus mengikuti jejak-jejak yang memang telah beliau  lakukan seperti halnya yang telah disebutkan di atas yakni “membaca” kami sebagai bagian dari pengikut setia beliau seakan terpanggil untuk  menyerukan kepada kaum mahasiswa khususnya pembaca yang budiman untuk meningkatkan membaca kita dalam aktifitas yang kita hadapi sekarang ini. Cuma satu pesan dari saya sebagai penulis yakni membaca, membaca & membaca. 

 

Sibukan aktifitas kita didalam  kampus dengan membaca dan ibadah, tapi itui semua masih belum cukup, masih ada satu lagi yang harus kita cari dalam kampus kita ini, mungkin bagi antum yang sudah mengenyam dalam lingkungan kampus sudah tau jawabannya diatas, tapi apa salahnya kalau saya (penulis) memaparkan apa yang di maksud itu, itu tidak lain adalah BAROKAH

twitter

Kemahasiswaan

Selamat Datang di Website Resmi Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAIN Pamekasan.

Website ini merupakan media informasi dan komunikasi Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan.